UNBK Hari Terakhir, Kamad Larang Siswa Corat-coret dan Konvoi


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Hari terakhir Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) Tingkat SMA/MA, kepala Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin, Naimah mengimbau peserta didik untuk menghindari aksi corat-coret dan konvoi.

“Hari terakhir UN biasanya identik dengan aksi corat-coret dan konvoi kendaraan bermotor,” ujar Kamad disela monitoring pelaksanaan UNBK hari terakhir, di ruang Laboratorium Komputer, Senin (08/04/19).

Karena itu, pihak madrasah mengimbau siswa untuk menghindari aksi mengekspresikan kegembiraan mereka dengan mencorat-coret pakaian seragam. “Aksi konvoi dan corat-coret mengganggu ketertiban masyarakat di jalanan. Perilaku negatif selepas ujian itu, harus dihilangkan,” ujar Kamad.

Kamad menambahkan, banyak cara untuk merayakan berakhirnya UNBK, seperti bersyukur, atau menyumbangkan baju seragam ke panti asuhan. “Itu lebih bagus ketimbang dicorat-coret atau konvoi di jalan,” pungkas Kamad.

Wakil kepala madrasah (Wakamad) Bidang Kesiswaan, Sitti Rostina, dikonfirmasi di ruang kerjanya, turut mengimbau siswa agar merayakan berakhirnya UNBK dengan cara yang positif, bukan dengan hal-hal yang negatif dan mengarah ke pelanggaran hukum.

Rostina menambahkan, imbauan tersebut dibarengi juga azia yang dilakukan pihak madrasah. Razia akan dilakukan seusai siswa melaksanakan UNBK. “Kami akan merazia apakah ada siswa yang membawa pilox dan semacamnya,” tuturnya.

Hingga hari terakhir menjalani UNBK, ujian yang diikuti 372 siswa dan terbagi menjadi 3 sesi tersebut diakui Rostina tidak menemukan kendala yang berarti. “Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Walaupun ada sedikit kendala, tapi semuanya aman. Semua siswa masuk, tidak ada kendala fatal,” pungkasnya.

UNBK hari terakhir sendiri mengujikan mata pelajaran tambahan yang bisa dipilih siswa sendiri. Untuk siswa jurusan IPS, mereka bisa memilih diantara Mapel Geografi, Sosiologi, atau Ekonomi. Untuk siswa MIPA, mereka bisa memilih Mapel Fisika, Kimia, atau Biologi. Selanjutnya untuk jurusan Keagamaan bisa memilih Mapel Tafsir, Hadits atau Fiqih. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Biologi, Sosiologi dan Hadits Paling Banyak Dipilih Peserta UNBK
Next Lepas Delegasi Olimpiade Sains, Kamad: Fathiah Perwakilan Madrasah Satu-satunya

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.