Wakamad Pimpin Pembacaan Ikrar Hari Kesaktian Pancasila


Banjarmasin (MAN 2 Model) – Wakil kepala madrasah (Wakamad) Bidang Humas memimpin pembacaan Ikrar kesetiaan kepada Pancasila yang diikuti seluruh peserta didik Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin pada Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di halaman madrasah setempat, Senin (01/10/18).

Didalam naskah Ikrar disebutkan, sejak diproklamasikan Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada 17 Agustus 1945 telah banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap NKRI. “Banyaknya rongrongan tersebut dimungkinkan karena kelengahan dan kekurangwaspadaan Bangsa Indonesia terhadap kegiatan yang berupaya menumbangkan Pancasila sebagai ideologi Negara,” tegas Faruk yang bertindak selaku Pembina Upacara.

Karenanya, dalam memperingati Hari Kesaktian Pancasila Faruk menyerukan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai sumber kekuatan menggalang kebersamaan, untuk kekuatan memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Ketika dikonfirmasi usai pelaksanaan upacara, Faruk mengungkapkan peringatan Hari Kesaktian Pancasila berawal dari peristiwa yang merenggut nyawa para jenderal yang dilakukan kelompok yang ingin menggeser dasar negara Pancasila dengan paham komunis. “Namun peristiwa yang akhirnya dikenal dengan nama G30S/PKI tersebut akhirnya berhasil digagalkan,” ungkapnya.

Atas rahmat Allah SWT tambah Faruk, bangsa Indonesia dihindarkan dari usaha untuk mengahapus Pancasila dari bumi Nusantara. Sebagai rasa syukur kepada Allah Yang Maha Agung, patutlah bangsa Indonesia untuk mengamalkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Ditetapkannya 1 Oktober sebagai hari Kesaktian Pancasila merupakan wujud rasa syukur karena bangsa Indonesia terhindar dari kesesatan,” ungkapnya lagi.

Salah seorang siswa, Syahrina memaknai peringatan Hari Kesaktian Pancasila sebagai momentum untuk melaksanakan nilai-nilai Pancasila secara murni dan konsekuen dengan semangat belajar dan prestasi. “Melalui peringatan ini, bangsa Indonesia bisa belajar dari sejarah kelam dan bisa bangkit dari krisis,” tambah siswi kelas XI Agama tersebut.

Upacara yang berlangsung dari pukul 07.00 Wita berlangsung dengan sederhana, khidmat dan tertib. Diikuti seluruh tenaga pendidik dan kependidikan dengan mengenakan busana Korpri, serta seluruh peserta didik kelas X, XI dan XII.

Pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila di MAN 2 Model Banjarmasin menindaklanjuti Surat Edaran Pedoman Penyelenggaraan Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2018 dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor : 66986/A.A6/TU/2018 tanggal 26 September 2018. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Siswa MAN 2 Model Raih Juara di Ajang Gebyar Milad LPPQ UIN Antasari
Next Siswa Keterampilan Tata Busana Praktek Pembuatan Sasirangan

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.