Siswa MAN 2 Model Banjarmasin Dapatkan Rapor Kesehatanku


Banjarmasin – MAN 2 Model. Siswa kelas X Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Model Banjarmasin dapatkan Rapor Kesehatanku dari Seksi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Puskesmas Terminal Jalan Pramuka Banjarmasin, Rabu (04/10/17).

Seksi UKS Puskesmas Terminal, Lilia Herlina, S.KM mengungkapkan buku Rapor Kesehatanku dipakai untuk memantau status kesehatan siswa. Fungsinya seperti buku Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) pada ibu hamil.

“Buku ini media informasi kesehatan untuk konseling dan edukasi siswa,” paparnya di Ruang UKS MAN 2 Model Banjarmasin.

Lilia mengungkapkan, buku tersebut didistribusikan dari Dinas Kesehatan (Dinkes) untuk diuji coba. Karena itu, jumlahnya terbatas. “Hanya ada beberapa sekolah yang mendapat jatah buku tersebut. Khususnya sekolah yang berprestasi di bidang kesehatan dan yang punya UKS aktif,” tambahnya.

Lebih jauh dijelaskannya, ada dua jenis buku Rapor Kesehatanku. Yakni, buku Catatan Kesehatan dan Informasi Kesehatan. Masing-masing punya fungsi yang berbeda. Dimana buku yang satu berisi pembahasan informasi kesehatan tentang PUBERTAS, gizi seimbang, kesehatan reproduksi, IMS/ISR dan HIV AIDS, NAPZA, kesehatan mental, dan mitos atau fakta tentang suatu pernyataan dalam kesehatan, dan buku yang lainnya tentang pengisian riwayat dan catatan kesehatan dari masing masing siswa.

Pencatatan tambahnya, akan dilakukan oleh guru UKS bersama petugas Puskesmas. Hasil penilaian berupa status kesehatan. Petugas puskesmas atau guru UKS harus menindaklanjuti hasil nilai pada rapor kesehatan siswa. ”Nanti tindakan diberikan berdasarkan rekomendasi,” tandasnya.

Di kesempatan tersebut, Pembina UKS MAN 2 Model Hj. Fathiah, S.Ag, S.Pd, MM antusias menerima kedatangan seksi UKS Puskesmas ini dan meminta untuk ke depannya bisa saling berbagi informasi antar sesama pihak Puskesmas dengan UKS MAN 2 Model.

“Besar harapan kami bimbingan dan arahan dari Puskesmas bisa berlanjut dan mampu memberikan pendampingan baik yang sifatnya materi maupun bantuan praktek medis,” pungkasnya. (Rep/ Ft: Taufik)

Previous Jelang Porprov X, Lima Siswa MAN 2 Model Jalani Karantina
Next UKS MAN 2 Model Sosialisasikan Kantin Sehat

No Comment

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.